Sejarah UKM Pagar Nusa UIN Maliki Malang

      Sejarah awal mula berdirinya UKM Pencak Silat Pagar Nusa dimulai pada tahun 1992 pada kampus UIN Maliki Malang yang kala itu masih bernama STAIN Malang yang dirintis oleh tiga mahasiswa berlainan daerah, Miftahudin (Pekalongan), Abdul Latif (Bali) dan Roisul (Lombok). Selanjutnya resmi didirikan pada tanggal 07 November 1993 dengan nama Perguruan Silat Bela Ummat (PSBU) Hizbullah, baru setelah meminta pertimbangan kepada Bapak Prof. Dr. KH. Ahmad Muhdlor S.H (pengasuh pesantren Luhur Malang) sekaligus diangkat sebagai dewan penasihat. Beberapa waktu kemudian bersama dengan Karate Lemkari, PSBU resmi menjadi elemen Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Bela Diri Kampus (UKM-UBK) IAIN Sunan Ampel Malang.

        Kemudian pada tahun 1994 dilajutkan penerus generasi kedua Khusnul Anwar (Lombok Timur), Abdullah Karim (Bojonegoro) dan Nur Wahyu Hidayah (Malang) yang sebelumnya telah memiliki bekal ilmu bela diri pencak silat.

      Setelah beberapa periode, akhirnya PSBU Hizbullah berganti nama menjadi Perguruan Seni Pencak Silat (PSPS) Hizbullah yang merupakan gabungan dari beberapa aliran pencak silat jawa, kungfu dan karate yang prioritasya terletak pada teknik dan fisik.

       Sesuai dengan perkembangan jaman, beberapa anggota dan pengurus berkeinginan agar PSPS Hizbullah bias berpartisipasi dalam event-event yang diselenggarakan oleh IPSI (Ikatan Pencak Silat Insonesia) baik skala daerah, nasional maupun internasional (PERSILAT) terutama pertandingan-pertandingan dan seni Pencak Silat. Oleh karena itu setelah pengurus PSPS Hizbullah meminta pertimbangan kepada Pembina teknis (pelatih) bermaksud meleburkan diri atau bergabung pada perguruan silat anggota IPSI. Akhirnya pada tahun 2000 PSPS Hizbullah berubah nama menjadi Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa yang diresmikan pada tanggal 13 November 2000 yang bertepatan dengan hari lahir PSPS Hizbullah yang ke-VIII yang dihadiri Abdul Hakim beserta muridnya dan perwakilan pengurus PSPS Hizbullah UIN Malang serta anggota PSPS Hizbullah cabang Karang Besuki. Dari kegiatan itu, PSPS Hizbullah Cabang Karang Besuki pun merubah namanya menjadi Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa, sedangkan PSPS Hizbullah Cabang Boonegoro tetap dengan nama PSPS Hizbullah.

      Setelah itu, pengurus UKM mengkonfirmasikannya pada pengurus pusat Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa Surabaya dengan mengajukan proposal peleburan diri ke dalam element Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa, dan maksud pengurus pun mendapat persetujuan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Kepengurusan sebagai bentuk legimitasi keberadaan Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa di UI Malang.

        Akhirnya pencak silat di UIN Malang resmi menjadi Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa dan pada tanggal 22-25 Januari 2001, tiga orang pengurus bersama pelatih Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang mengikuti acara Musyawarah Nasional (Munas II) Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa sekaligus mensosialisasikan keberadaan Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang pada seluruh peserta Munas II pada saat itu.


          Pada hasil kongres mahasiswa UKM-UBK, yang terdiri atas element Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa dan Taekwondo Indonesia beralih status menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) secara independed dan berdiri sendiri yang merupakan pengejewantahan terhadap kebutuhan dan pengembangan organisasi khususnya bela diri. Dalam kongres tersebut diputuskan dan ditetapkan bahwasanya eksistensi Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa dan Taekwondo terpisah dan berdiri sendiri, sedangkan UBK dinyatakan bubar. Mulai saat itulah resmi terbentuk UNIT KEGIATAN MAHASISWA IKATAN PENCAK SILAT PAGAR NUSA UIN MALIKI MALANG.

           Kemudian pada Tahun 2004, Muktamar NU ke-31 di Solo, Jawa Tengah. Pagar Nusa menjadi salah satu badan otonom NU yang membidangi pengembangan seni bela diri NU. Tahun 2007, Kongres Pertama Ikatan Pencak Silat NU (IPS-NU) Pagar Nusa diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta timur. Tahun 2008, Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa menjadi anggota tetap Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Tahun 2010, Muktamar NU ke-32 di Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi "Pagar Nusa". Tahun 2012, Kongres ke-2 di Pesantren Sunan Drajad Lamongan, Jawa Timur. Menetapkan perubahan menjadi "PENCAK SILAT NU (PSNU) PAGAR NUSA" dan "Pagar Nusa" menjadi trademark-nya.
SHARE

About

UKM Pagar Nusa adalah UKM yang bergerak di bidang pencak silat, beladiri asli Indonesia. Unit Kegiatan Mahasiswa Pagar Nusa adalah satu-satunya Organisasi Intra Kampus yang secara resmi berdiri untuk mendukung minat dan bakat mahasiswa di bidang pencak silat di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

  • Facebook
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar